Profil

PROFIL DESA

KONDISI DESA

  • Sejarah Desa

Kelarik berasal dari nama sebuah pohon kelarik yang terletak di kampung Kelarik Tengah, Desa Kelarik Air Mali merupakan Desa pemekaran dari Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna berdasarkan Perda Nomor : 18 Tahun 2006 tentang Pemekaran Desa Kelarik Air Mali dan Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara. Desa Kelarik Air Mali pada tahun 2009 mendapat juara 1 (satu) lomba desa tingkat Kabupaten Natuna dan Nomor 4 (empat) tingkat Profinsi Kepulauan Riau.

No             Periode                 Nama Kepala Desa                      Keterangan

  1.            2007-2013                  NIRWAN, S.E
  2.            2013-2019                    ALI IMRAN
  • Keadaan Ekonomi

Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah sebagian besar nelayan, petani dan sebagaian kecil berpropesi sebagai tukang dan pegawai pemerintahan. hal ini disebabkan karena sudah turun temurun sejak dulu bahwa masyarakat adalah nelayan dan juga menimnya tingkat pendidikan menyebabkan masyarakat tidak punya keahlian lain dan akhirnya tidak punya pilihan lain selain menjadi nelayan, petani, dan sebagian kecil sebagai pegawai pemerintahan.

  1. Keadaan Desa
  • Luas Wilayah     : 26 Km2
  • Jumlah Dusun   : 1 (satu)
  • Batas Wilayah    :

* Utara                    : Desa Kelarik Utara

* Selatan                 : Desa Kelarik

* Barat                    : Desa Kelarik Barat

* Timur                   : Desa Kelarik Utara

 

KONDISI PEMERINTAHAN DESA

  • Pembagian Wilayah Desa

Desa Kelarik Air Mali terdiri dari 1 (satu) dusun, 4 (empat) RW, dan 9 (sembilan) RT. Secara administratif Desa Kelarik Air Mali terdiri dari 1 (satu) Dusun  namun secara umum pemukiman penduduk hanya terbagi dalam 2 (dua) wilayah Barat dan Timur. Wilayah Barat adalah Dusun Air Mali, sedangkan Wilayah Timur terdiri dari Dusun Kelarik Tengah dan Jerana.

Satuan Linmas memiliki anggota sebanyak 4 (empat) personel yang aktif dan siap sewaktu-waktu jika ada kegiatan yang bersifat lokal atau skala kecil. Untuk pengamanan skala sedang dan linmas dibantu dari POLSEK dan BABINSA.